Stasiun Pompa Ancol Menjadi Jawaban Kota Banjir JakartaStasiun Pompa Ancol Menjadi Jawaban Kota Banjir Jakarta

Baru baru ini Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan salah satu solusi. Dari kendala yang dialami warga jakarta saat ini yakni Stasiun Pompa Ancol Sentiong. Dimana tepatnya peresmian tersebut berada di Jakarta Utara, yang terjadi pada Senin (11/12/2023).

Orang nomor satu Indonesia saat ini mengungkapkan. Bahwasanya stasiun pompa air tersebut digunakan untuk mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta yang selama ini tidak ada solusinya.

“Dengan Ini saya dan pihak pemerintah mengharapkan bahwasanya banjir yang di Jakarta saat ini bisa berkurang kurang lebih 62 persen.” Ucap Jokowi kepada wartawan dan media dalam wawancaranya.

Jokowi juga mengungkapkan, bahwasanya sampai saat ini sejumlah langkah berkesinambungan telah dilakukan pemerintah. Baik dari hulu hingga hilir dimana hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi banjir di wilayah Jakarta.

Salah satu diantaranya langkah yang sudha diambil ialah pembangunan Bendungan Ciawi. Dan juga pembangunan Bendungan Sukamahi, Sodetan Ciliwung, hingga normalisasi Sungai Ciliwung.

Rute Pengoperasian Stasiun Pompa Ancol

“Sebelumnya di hulu telah kita selesaikan pembangunan dua bendungan. Yakni Bendungan yang berada antara Ciawi dan Bendungan Sukamah. Dimana bendungan ini juga sangat mengurangi banjir yang terjadi di Jakarta. Tidak sampai disitu saja kemudian bahkan turun Sodetan Ciliwung ini juga akan mengalirkan air dari Ciliwung ke Banjir Kanal Timur. Dan juga akan berfungsi untuk meneruskan lagi normalisasi Sungai Ciiliwung yang tinggal kurang lebih 17 kilometer.” Jelasnya kepada media terkait manfaat tersebut.

Baca Juga : Dukungan NU Mulai Membanjiri Pasangan Prabowo-Gibran

Dalam wawancaranya Jokowi juga menyebutkan bahwasanya, pembangunan Stasiun Pompa Ancol Sentiong menghabiskan anggaran yang lumayan. Dimana kisaran anggaran tersebut ialah sebesar Rp 481 miliar dan menjadi stasiun pompa air terbesar di Indonesia.

“Kita dan para pihak pembangunan saat ini. Sungguh benar benar mengharapkan ini akan. Stasiun pompa ini akan mengurangi banjir yang ada di tujuh kecamatan di DKI Jakarta,” ucap dia.

Dalam kesempatan yang diberikan , Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Yakni bapak Bob Arthur Lombogia juga menuturkan bahwa Stasiun Pompa Ancol Sentiong memiliki 5 pompa. Dimana pompa-pompa tersebut yang akan beroperasi dengan kapasitas setiap pompanya yakni 10 meter kubik per detik. Dan akan maju melayani tujuh kecamatan yang setiap dilewatinya.

“Untuk pengoperasiannya sendiri akan dimulai dari Kecamatan Pademangan. Kemudian akan berjalan melanjutkan ke Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Johar Bar. Bahkan Kecamatan Senen, Kecamatan Matraman, Kecamatan Tanjung Priok. Dan juga Kecamatan Cempaka Putih juga akan dilalui.” jelasnya kepada media republika terkait pengoperasian tersebut .

Baca Lainnya : Prabowo Janji Akan Lanjutkan Pembangunan Masa Jokowi Hingga Tuntas

error: Content is protected !!