Gibran Tinggalkan Podium Saat Debat Pilpres 2024 BerlangsungGibran Tinggalkan Podium Saat Debat Pilpres 2024 Berlangsung

Calon Wakil Presiden RI nomor urut 01 yakni Gibran Rakabuming Raka. Dalam debat pilpres keempat ini sempat mengejutkan penonton pasalnya dirinya meninggalkan podium saat memaparkan visi dan misi.

Hal ini tentu saja sangat membingungkan para penonton. Yang berada dalam debat keempat Pilpres 2024 yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

Adapun tema yang diangkat dalam debat keempat meliputi energi. Yang bahkan termuat sumber daya alam, pangan, pajak karbon. Hingga sampai pada lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Dugaan pelanggaran ini yakni meninggalkan lokasi saat berdbat bukanlah kali pertama dilakukan Gibran. Sebelumnya dirinya juga pernah melakukan hal tersebut saat debat pertama cawapres pada tanggal 22 Desember 2023.

Yang mana hal ini disampaikan oleh, anggota KPU RI August Mellaz. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya dan tim pasangan calon presiden/wakil presiden.

Alasan Gibran Tinggalkan Podium Saat Debat Pilpres

Dalam debat kali ini sepakat menggunakan mikrofon yang terpasang di podium agar calon tak keluar podium.

“Pada saat rapat sebeluumnya sudah banyak pihak yang menyepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Podium yang sekarang ini posisinya memang seperti jangkar. Kalau yang sebelumnya yakni pada debat pertama ‘kan tanpa podium. Jadi melihat hal tersebut asumsinya orang punya ruang gerak, lebih leluasa. Kalau podium yang seperti sekarang ini ‘kan dibatasinya di podium.” Ungkap Mellaz di Jakarta.

Baca Juga : KPU Akan Tindak Jual Beli Stempel Surat Suara di E-commerce

Ketentuan yang saat ini berlangsung mulai berlaku pada debat ketiga, Minggu (7/1). Selain itu, KPU juga dalam wawancaranya sudah menegaskan bahwa secara teknis, tak ada hal yang diubah dari debat ketiga.

Sebagai informasi , pada debat pertama, Gibran terlihat melakukan reaksi berlebiha. Hal ini dengan adanya memprovokasi pendukung.

Yang mana provokasi yang dilontarkan dirinya ketika debat menyinggung soal pelanggaran etika. Pelanggaran ini terdapat dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menguntungkan dirinya maju sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Rangkaian debat Pilpres 2024 yang terbaru dan terakhir akan berlangsung pada tanggal 4 Februari. Yang mana debat untuk kali ini akan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi.

Baca Lainnya : Prabowo : Warga Kalimantan Antusias Setelah Ditetapkan IKN

error: Content is protected !!