Daftar Terbaru Jadwal dan Tema Debat Kelima Pilpres 2024Daftar Terbaru Jadwal dan Tema Debat Kelima Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) akan segera mengadakan debat kelima Pemilu Presiden atau Pilpres 2024. Debat kelima ini akan menjadi yang terakhir untuk masa kampanye pada Pilpres 2024 ini.

Debat kelima Pilpres 2024 ini dijadwalkan akan digeral pada Minggu, 4 Februari 2024 yang akan mempertemukan tiga calon presiden ( capres ) yaitu
capres dengan nomor urut 1 ( Anies Baswedan ), Capres dengan nomor urut 2 ( Prabowo Subianto ), dan capres dengan nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Beberapa tema yang diangkat dalam debat kali ini berupa kesejahteraan sosial, pendidikan, kebudayaan, teknologi informasi, ketenagakerjaan, kesehatan, inklusi serta sumber daya manusia.

Sejauh ini pihak KPU belum memberikan pengumuman terkait lokasi penyelenggaraan debat serta nama moderator dan panelis.

Selama masa kampanye, KPU menyelenggarakan debat sebanyak lime kali untuk calon presiden dan wakil presiden, berikut ini rinciannya :

Daftar Terbaru Tema Debat pertama Pilpres 2024

  • Tema : Hukum, Pemerintahan, HAM, Penguatan demokrasi dan Pemberatasan korupsi
  • Tanggal : 12 Desember 2023

Debat kedua

  • Tema : Investasi, kesejahteraan sosial, keuangan, perdagangan, pajak (digital), pengelolaan APBN dan APBD serta infrastruktur
  • Tanggal : 22 Desember 2023

Tema Debat ketiga

  • Tema : Pertahanan, geopolitik, keamanan, dan hubungan internasional
  • Tanggal : 07 Januari 2024

Baca Juga : Puan Tetap Targetkan Banten,Untuk Jadi Kandang Banteng

Debat keempat

  • Tema : energi, SDA, pangan, lingkungan hidup, pajak karbon, masyarakat adat dan agraria
  • Tanggal : 21 Januari 2024

Tema Debat kelima

  • Tema : Kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, kesehatan, kesejahteraan sosial dan inklusi
  • Tanggal : 04 Februari 2024

Baca Lainnya : Anies di Jakarta, Kampanye bahas Ojek Online dan Buruh

Debat merupakan salah satu metode kampanye yang dapat memberikan para pasangan capres dan cawapres untuk membahas visi dan misi mereka tentang berbagai topik yang ada. Masa kampanye pemilu berlangsung selama 75 hari, yang dimulai dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Setelah berakhirnya masa kampanye, tahan pada pemilu akan memasuki masa tenang selama 3 hari yaitu 11-13 Februari 2024. Dan berikutnya pada 14 Februari 2024 akan di adakan pemungutan suara secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

error: Content is protected !!